Rabu, 10 Oktober 2012

Proyek Pembibitan Tanaman

Setiap akhir/awal pekan, selalu ada pesan di buku penghubung "My Daily Activity" milik Dhiya.
Minggu ini pesannya sebagai berikut :


Assalamu'alaikum
Ayah dan bunda yang baik, di sekolah pekan ini kami akan membuat proyek pembibitan tanaman. Pembibitan adalah menanam biji sampai tumbuh keluar daunnya. Kami akan memulainya dengan jalan-jalan ke perkebunan selama dua hari, belajar tentang pohon, juga apa saja yang dibutuhkan pohon. Setelah itu kami akan membuat pembibitan sendiri.
Kemudian pelajaran sehari-hari akan disampaikan di sela-sela proyek. Untuk itu mohon kiranya ayah dan bunda bisa membantu kami menyiapkan baju ayah sebagai baju berkebun kami. Juz amma untuk panduan hafalan. Harapan kami agar anak-anak lebih mafhum dengan pelajaran yang akan disampaikan. Semoga Allah memudahkan langkah kami.
Kegiatan menabung, infaq sampah, outbond dan qiraaty tetap berjalan seperti biasanya.
Asyiknya belajar dan bermain bersama alam

Demikian isi pesan pekan ini. Di Senin pagi Dhiya sibuk mencari baju abi yang sudah tidak terpakai untuk ia gunakan di proyek ini. Kelihatan semangatnya menyala. Usai sekolah, catatan nama-nama tanaman yang ada di kebun ia perlihatkan padaku, sambil tertawa senang ia bercerita. 

Sebagian besar nama tanaman yang ia catat tak asing bagiku seperti kenikir, kunir, pepaya, pisang, dll. Tapi ada juga yang membuat keningku berkerut, aku baru mendengar namanya kali ini. Ataupun walau pernah kudengar namanya, aku belum pernah melihat jenis tanamannya.
Contohnya : gamel, senggani, trembesi dan sengon. Ketika kutanya apa itu gamel? Dhiya menjawab bahwa gamel itu sejenis tanaman untuk pagar *jiyah, kalah deh emaknya.

Selasa siang, Dhiya lapor kalau hari itu ada pemilihan ketua dan ia terpilih sebagai ketua. Kupikir pemilihan ketua kelas seperti biasanya, makanya aku tak terlalu menyimak laporan Dhiya dan menganggap angin lalu laporannya.

Rupanya Pak Gofar mempostingkan acara pemilihan itu di group sekolah alam yang ada di fesbuk. Ada fotonya pula. Wah, Dhiya mendapat amanat yang besar, pikirku. "Semoga kamu bisa mengemban amanat ini dengan baik ya, sayang,"doa Umi. Aamiin.




Alhamdulillah, hari ini telah terpilih pimpinan proyek pengadaan ladang sayur kelas 2A, Dhiyaul Haq. Semoga bisa menghasilkan sayuran ya penuh barokah.
أَمِِيْن يَا رَبَّ العَالَمِينْ


  • You and Manik Akrilik Ananda like this.
  • Sri Ade Mulyani Aamiin. Semoga Dhiya bisa amanah dan bertanggung jawab dalam tugasnya ini, semoga juga proyeknya berhasil dan bermanfaat bagi semua. Terimakasih buat Bapak & Ibu Guru yang membimbing *membayangkan betapa menyenangkan bersekolah sambil berladang, menyusuri kebun, mengamati berbagai tanaman lalu menuliskannya di catatan. Baru sadar, ada bbrp pohon di catatan Dhiya yang uminya belum pernah tahu, spt : gamel, senggani, trembesi, rembusa & sengon. smile
  • Abdul Ghofar amiin, mohon do'a dan dukungannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar